BAAK On_Line Universitas Gunadarma

Standar

BAAK (Biro Administrasi Akademik & Kemahasiswaan) Universitas Gunadarma merupakan Biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.

Dalam BAAK On_Line kita dapat melihat/mengetahui :

  1. Jadwal Pelayanan di Loket BAAK
  2. Info Pelayanan, terdapat 2 macam info pelayanan :

Perkuliahan & Ujian: Kalender Akademik, Daftar Mata Kuliah, Daftar Dosen Pembimbing PI, Daftar Dosen Wali Kelas, Jadwal Kuliah, Jadwal Ujian, Pengurusan Ujian Bentrok, Formulir Rencana Studi.

  • Kalender Akademik : berisi tentang jadwal kegiatan mahasiswa. Setiap mahasiswa wajib memperhatikan jadwal kegiatan yang tertera di dalam kalender akademik, karena setiap keterlambatan/kelalaian dalam mengikuti kegiatan akademik akan berakibat pada pemberian sanksi skorsing/tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik tertentu.
  • Daftar Mata Kuliah : disini mahasiswa Universitas Gunadarma dapat mendownload daftar mata kuliah untuk mengetahui daftar mata kuliah yang dapat diambil. Daftar Mata Kuliah dapat di download sesuai jurusan, tingkatan & kelas masing-masing.
  • Daftar Dosen Pembimbing PI : disini terdapat daftar nama Dosen Pembimbing PI.
  • Daftar Dosen Wali Kelas : disini kita bisa melihat daftar nama dosen wali kelas masing-masing kelas.
  • Jadwal Kuliah : di sub menu Jadwal Kuliah, kita dapat melihat / mengetahui waktu kuliah di Universitas Gunadarma.
  • Jadwal Ujian : Terdapat informasi yang berkaitan dengan ujian. BAAK akan mengumumkan jadwal ujian 3 minggu sebelum Ujian Tengah Semester / Akhir Semester dimulai. Jadwal ujian diumumkan per kelas untuk setiap jenjang / jurusan / fakultas.
  • Pengurusan Ujian Bentrok : mahasiswa yang mengambil mata kuliah di kelas yang lebih atas atau mengulang di kelas yang lebih bawah, ada kemungkinan jadwal ujiannya bentrok (dua atau lebih mata ujian bersamaan waktu ujiannya). Bagi mahasiswa yang jadwal ujiannya bentrok, wajib melapor dan mengisi formulir yang disediakan oleh BAAK sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.
  • Formulir Rencana Studi : Formulir yang harus diisi setiap mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan diambil. Dan setiap mahasiswa akan menerima KRS ( Kartu Rencana Studi ) yang berisi mata kuliah yang akan diikuti oleh setiap mahasiswa dalam satu semester.

Administrasi Akademik : Daftar Ulang, Cuti Akademik, Tidak Aktif Kuliah, Aktif Kembali, Pengecekan Nilai, Pindah Lokasi / Waktu Kuliah, Pindah Jurusan.

  • Daftar Ulang : disini mahasiswa dapat mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan daftar ulang. Daftar Ulang adalah kegiatan perbaikan data alamat dan merencanakan pembayaran uang kuliah untuk semester baru.
  • Cuti Akademik : disini mahasiswa dapat mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi & mengisi formulir untuk melakukan cuti akademik bagi mahasiswa yang ingin mengambil cuti karena satu / beberapa hal. Cuti Akademik adalah pembebasan mahasiswa dari kewajiban mengikuti kegiatan akademik selama jangka waktu tertentu. Cuti secara keseluruhan dapat diberikan sebanyak-banyaknya empat semester dan sekurang-kurangnya satu semester, dengan catatan tidak diambil lebih dari dua semester berturut-turut.
  • Tidak Aktif Kuliah : disini mahasiswa dapat mengetahui ketentuan, prosedur & mengisi formulir untuk melakukan tidak aktif kuliah. Mahasiswa dinyatakan tidak aktif kuliah apabila tidak melakukan prosedur aktif (membayar uang kuliah, mengisi dan mengambil KRS sampai dengan batas waktu yang ditentukan) dan tidak mengajukan permohonan cuti akademik. Masa tidak aktif kuliah akan diperhitungkan dalam penentuan batas waktu studi.
  • Aktif Kembali : disini mahasiswa dapat mengetahui syarat-syarat untuk melakukan Aktif Kembali dalam proses perkuliahan. Yang dimaksud aktif kembali adalah mahasiswa yang akan Aktif Kembali setelah mahasiswa tersebut cuti akademik atau tidak aktif pada semester sebelumnya.
  • Pengecekan Nilai : disini mahasiswa Universitas Gunadarma dapat mengetahui syarat-syarat untuk mengecek nilai. Pengecekan nilai pada DNS yang dimaksud adalah apabila terdapat mata kuliah yang nilainya tidak tercantum pada DNS sedangkan mata kuliah tersebut bukan mata kuliah utama/negara (tidak sesuai dengan KRS) atau apabila ada keragu-raguan pada nilai yang diperoleh dalam DNS.
  • Pindah Lokasi/Waktu Kuliah : disini mahasiswa dapat mengetahui syarat-syarat, prosedur & mengisi formulir untuk melakukan pemindahan lokasi/waktu kuliah.
  • Pindah Jurusan : disini mahasiswa dapat mengetahui syarat untuk melakukan pindah jurusan. Pindah jurusan yang dimaksud adalah pindah jurusan yang terdapat dalam satu fakultas dan diajukan setelah mahasiswa mengikuti kuliah sekurang-kurangnya 1 (satu) semester dan sebanyak-banyaknya 2 (dua) semester.

Kelebihan 

Kelebihan dari BAAK On_Line adalah kita dapat mengetahui segala macam informasi akademik/kegiatan mahasiswa yang akan berlangsung.

Kelemahan

Menurut saya belum terlihat kelemahan BAAK On_Line sampai saat ini.

Masih banyak macam informasi yang bisa kita dapatkan di BAAK On_Line. Untuk selengkapnya tentang BAAK dapat dilihat di http://baak.gunadarma.ac.id/

Terima Kasih .

Nurul Aisyah (15110198)
1KA07

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s