Makanan Sehari-hari yang Bermanfaat dalam Merawat dan Menambah Kecantikan

Standar

Berikut ini merupakan Sayur-sayuran dan Buah-buahan yang bermanfaat dalam merawat dan menambah kecantikan :

  • Wortel

Wortel termasuk sayur-sayuran yang paling tua yang dikenal manusia. Manusia mulai mengkonsumsi wortel setelah mengetahui beberapa manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Konon, orang-orang Yunani dan Romawi yang pertama kali mempublikasikan manfaat wortel ini. Informasi mengenai manfaat wortel itu terdapat di dalam buku-buku mereka yang telah ditulis sejak 230 tahun sebelum masehi.

Wortel dikategorikan sebagai alat kecantikan yang utama, karena ia kaya akan vitamin A.Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan dan kemulusan kulit, karenanya ia termasuk jenis sayuran alami yang bermanfaat untuk pemeliharaan kulit. Sebagaimana disampaikan oleh para ahli kecantikan, mengonsumsi jus (sari buah) wortel yang segar secara teratur akan memberikan pengaruh yang besar, seperti misalnya, mencegah timbulnya bintik dan noda hitam pada kulit, juga dapat memperindah warna kulit yang secara umum terlihat lebih bersih. Manfaat wortel tidak hanya untuk kulit saja, tapi juga untuk nutrisi rambut dan mata, karena kedua organ ini sangat membutuhkan vitamin A.

  • Mentimun

Mentimun termasuk sayuran yang murah dan melimpah di sekitar kita, padahal ia memiliki sejumlah manfaat yang besar bagi kesehatan dan kecantikan. Barangkali kita tidak menyadari bahwa mentimun memiliki pengaruh yang besar dalam menarik kotoran pada lubang pori-pori yang besar, sehingga ia sering digunakan sebagai pelindung, selain secara khusus, sangat cocok bagi kulit sensitif.

Di samping itu, mentimun juga memiliki kemampuan untuk memutihkan kulit, menghilangkan warna hitam yang melingkar di bawah mata dan noda-noda yang ada di wajah. Pada musim panas, perasan buah mentimun bisa digunakan untuk membersihkan kulit sekaligus mengobati flek yang diakibatkan oleh sinar matahari serta melembabkan kulit.

  • Daun Peterseli

Daun peterseli yang diseduh atau direbus bisa digunakan untuk mandi atau membersihkan bagian-bagian tertentu dari tubuh atau membilas rambut yang kusut serta berguna untuk mencegah datangnya ketombe. Ramuan ini juga dapat membersihkan kulit berminyak yang biasanya ditumbuhi jerawat. Di samping dapat membersihkan pori-pori dari timbunan lemak dan kotoran yang ada padanya, ia juga dapat dipergunakan untuk obat kumur guna menghilangkan bau yang tidak sedap karena makanan seperti, bawang putih, atau bisa juga dengan cara mengunyah beberapa helai daun peterseli.

  • Daun Mint

Daun mint pertama kali dikenal di kalangan masyarakat Mesir kuno, seperti juga dimanfaatkan oleh orang-orang Yunani dan Romawi. Minyak daun ini dapat digunakan sebagai pembalur tubuh atau bisa dijadikan sebagai campuran air mandi, dan juga bisa digunakan untuk wewangian.

Daun mint ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan. Ia bisa dijadikan minuman seperti teh untuk mengobati gangguan atau radang pada usus besar, atau dijadikan sebagai minuman segar. Seduhan daun mint ini (yang sudah didinginkan) bisa digunakan sebagai pembersih dan pelembab kulit, juga berfungsi sebagai pembersih noda dan jerawat pada wajah. Minyak mint termasuk minyak wangi yang sangat penting yang sudah masuk ke dalam industri parfum dan sabun.

  • Brokoli dan Kembang Kol

Kaya beta karoten, sayuran dan famili crucifera yang dikenal memiliki kedahsyatan mencegah kanker, kaya vitamin C dan asam folat, dan merupakan sumber kalsium dan serat yang kaya.

  • Selada

Selada sangat populer dalam perjalanan sejarah. Orang-orang Mesir kuno telah memberitahukan sejumlah manfaat dari sayuran ini. Ia dianggap sebagai makanan yang berguna untuk menambah kekuatan seksual. Oleh karena itu, sayuran ini disebut juga “Tumbuhan Penyubur”. Selain itu, ia juga telah dijadikan makanan pokok oleh orang-orang Yunani. Ada yang menyebutkan bahwa selada pertama kali ditanam di pulau Cos. Lettuce, sebuah kepulauan di Yunani kuno.

Selada dikategorikan juga sebagai sayuran yang bermanfaat untuk menambah sekaligus mempertahankan kecantikan, karena ia dapat melembabkan kulit sekaligus melindungi kulit dari panas matahari dan terpaan angin. Hal itu semata-mata karena selada kaya akan sejumlah vitamin, dan secara khusus, dia memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit dan membersihkan wajah.

Selada merupakan bahan yang sangat mudah didapat sehingga tidak terlalu sulit untuk menyediakan atau mengolahnya di rumah. Ia merupakan sayuran yang lezat dan menyehatkan, karena mengandung protein dan vitamin A.

Dan ketika dipergunakan untuk bagian luar kulit (eksternal), ia merupakan nutrisi yang benar-benar bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit, sebagaimana ia menjadi bahan pelembab baginya.

  • Kentang

Kentang merupakan sayuran yang kaya potasium, vitamin C, beta karoten, dan serat.

Sayuran berfungsi untuk menghilangkan pembengkakan yang tampak di bawah kedua mata, dengan cara membuat irisan segar lalu diletakkan di atas kedua mata. Selain itu, kentang juga termasuk alat pembersih dan pelembab paling efektif bagi kulit sensitif, dengan cara membalurkan parutan buah kentang atau irisannya pada tempat-tempat tertentu atau bagian-bagian terluka. Dengan cara yang sama pula, ia dapat menghilangkan bekas sengatan matahari (flek).

  • Paprika

Sayur ini mengandung vitamin C, kaya beta karoten, serta banyak mengandung serat.

  • Tomat

Dulu tomat dikenal dengan nama “love apple”, disebutkan bahwa tomat di Eropa dikenal sebagai makanan yang bermanfaat sejak abad ke-16 dan pertama kali menyebar di Italia.

Jika Anda, merasa lubang pori-pori kulit Anda membesar, baik di wajah atau di bagian-bagian lain, yang dapat mengganggu pemandangan, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan tomat untuk mempersempit lubang-lubang ini, baik dengan cara diiris maupun di jus. Di antara manfaat tomat bagi kecantikan adalah untuk menangani kulit berminyak dan kering sekaligus. Disamping itu, ia juga berfungsi melindungi kulit.

  • Stroberi

Buah ini bisa digunakan untuk menghilangkan flek yang biasanya mengenai kulit wanita di musim panas, baik di bagian wajah atau bagian lainnya. Dianjurkan untuk membuat perasaan buah stroberi dan dibalurkan di bagian tersebut. Cara ini terbukti dapat melembabkan kulit serta menyembuhkan pengelupasan kulit dan juga menghilangkan flek.

Bagi yang ingin menghilangkan warna kuning di gigi dianjurkan untuk mengonsumsi sari buah stroberi secara rutin, karena terbukti dapat memutihkan dan memperindah gigi. Selain itu, stroberi memiliki fungsi perlindungan kulit, karena dapat membersihkan lubang pori-pori. Secara khusus, ia sangat cocok untuk kulit berminyak. Fungsi lain adalah sebagai pembersih sekaligus nutrisi yang baik untuk kulit.

  • Semangka

Buah ini mengandung vitamin C dan karotenoid, serat dalam jumlah banyak, dan, ini yang paling penting, rendah kalori.

  • Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis berguna untuk banyak hal, di antaranya untuk menarik lemak khususnya bagi yang memiliki kulit berminyak karena ia dapat mengatasi kelebihan lemak dan korotan yang menempel padanya. Untuk tujuan ini, peraslah jeruk nipis dalam ukuran yang tidak berlebihan lalu gunakan sebagai masker di wajah. Setelah betul-betul kering, baru dibilas dengan air hangat, lakukanlah secara rutin. Perasan buah jeruk nipis dapat mencegah timbulnya bintik-bintik pada wajah sekaligus menghilangkannya. Di samping ia juga dapat menghilangkan warna kuning gigi dengan cara menggosoknya berulang-ulang.

  • Jeruk Bali

Kaya vitamin C dan karotenoid, sumber serat yang sangat banyak jika dimakan seluruh buahnya, bukan hanya dibuat jus.

  • Aprikot

Aprikot termasuk buah-buahan yang mengandung vitamin A. Vitamin A ini merupakan nutrisi paling utama bagi kesehatan kulit, rambut, dan mata. Ia pun dapat mencegah pengerutan sekaligus berfungsi sebagai pelindung kulit. Air perasan buah aprikot berguna untuk lulur tangan agar menjadi lembut, sehat, dan enerjik.

  • Apel

Apel termasuk salah satu buah yang memiliki fungsi kecantikan. Hal itu karena sejumlah mikroba tidak dapat hidup dalam sari buah apel. Oleh karena itu, ia banyak digunakan sebagai pembersih kulit (skin cleanser), crim rambut (creambath), dan juga sebagai pelindung kulit. Cuka atau asam apel sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan.

  • Jeruk Manis

Jeruk manis memiliki sejumlah manfaat bagi kecantikan, khususnya ketika dibuat sebagai krim untuk melindungi kedua tangan atau dibuat ramuan, atau sebagai bahan pembuat shampoo.

Cara paling sederhana untuk memanfaatkan jeruk ini adalah dengan mengambil kulitnya, untuk kemudian menggosoknya di kedua tangan. Hal ini dapat mengharumkan kedua tangan, menyembuhkan pengelupasan kulit sekaligus membuat kulit tangan semakin lembut.

Sumber : Dr. Aiman al-Husaini, Cantik Tanpa Makeup, Edisi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s