RESUME TOU 2 # : Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup & Pertumbuhan Ekonomi (KELOMPOK 5)

Standar

Perekonomian tertutup artinya tidak mengenal hubungan luar negeri, sehingga tidak ada kegiatan ekspor-impor dan sektor swasta merupakan satu-satunya produsen barang dan jasa, dan proses produksi dilaksanakan dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga.

Pengaruh Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran di Indonesia

Inflasi (inflation) adalah gejala yang menunjukkan kenaikan tingkat harga umum yang berlangsung terus menerus. Inflasi dapat mengurangi banyaknya pengangguran.

Didasarkan pada faktor-faktor penyebab inflasi maka ada tiga jenis inflasi yaitu:

1)   Inflasi Tarikan Permintaan (Demand-Pull Inflation).

2)   Inflasi Desakan Biaya (Cost-Push Inflation).

3)   Inflasi karena Pengaruh Impor (Imported Inflation).

Hubungan inflasi dengan pengangguran, Inflasi akan menyebabkan harga-harga menjadi naik, hal ini bisa disebabkan karena tingginya jumlah permintaan akan suatu barang. Dengan meningkatnya jumlah permintaan, maka seorang produsen harus menambah jumlah produksi. Jika suatu usaha ingin meningkatkan produksi dibutuhkan juga tenaga kerja yang lebih untuk membantu dalam peningkatan produksi tersebut. Jadi produsen harus menambah tenaga kerjanya. Oleh karena itu pengangguran dapat berkurang.

Dengan mengambil kasus tentang Mewaspadai Gerbang yang Terbuka, dijelaskan bahwa walaupun sedang terjadi krisis di Eropa tetapi perekonomian di Indonesia terus berkembang.

Maksud dari Gerbang yang Terbuka adalah terbukanya pintu perdagangan ekspor dan impor.

Cara mengatasi Inflasi Impor adalah pemerintah harus memberikan kesadaran kepada masyarakat Indonesia untuk mencintai produk asli Indonesia supaya tingkat barang impor yang masuk ke Indonesia dapat berkurang.

Cara efektif memfasilitasi kegiatan produksi dalam perekonomian tertutup adalah dengan membuka lapangan pekerjaan, pelatihan sumber daya manusia dan memberi kredit untuk dijadikan modal kepada wirausaha mandiri.

Para pengangguran bisa mendapatkan kredit/pinjaman dari Bank karena syarat supaya Bank dapat memberikan kredit/pinjamannya adalah salah satunya dengan memberikan jaminan berupa sertifikat tanah atau yang berharga lainnya. Atau dengan cara lain yaitu mengikuti program dari Bank yang memang bertujuan untuk membantu para pengangguran yang ingin membuka lapangan pekerjaan dengan memiliki syarat tertentu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s