Pemanfaatan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari – hari

Standar

Grafik Komputer merupakan proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut atau teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism).

Aniati Murni (1979)

Hearn and Baker, 1986

Saat ini grafik komputer telah digunakan untuk pembuatan film-film animasi. Beberapa manfaat lain dari Grafik Komputer dalam kehidupan sehari-hari ialah :

  •  Bidang Perancangan

Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

  • Bidang Hiburan

Pada sekarang ini semua acara hiburan di TV banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun, iklan di TV hingga acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

  • Bidang Pendidikan

Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan. Tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

  • Aplikasi Permainan

Untuk grafik komputer pada games ini memang sangat dibutuhkan mulai dari pembuatan awal sampai proses manipulasi dimana pada prosesnya dapat diterapkan juga dengan teknik pengolahan citra, seperti dalam pemberian warna pada gambar-gambarnya,agar game tersebut terlihat lebih menarik. Hampir semua aplikasi permainan itu memanfatkan modus grafik. Aplikasi permainan itu sendiri terdiri dari, aplikasi strategi aplikasi tembak dan lari dan masih banyak lagi yang lainnya.

—***—

Pengolahan Citra  merupakan salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk :

  • Memperbaiki kualitas gambar, dilihat dari aspek radiometrik (peningkatan kontras, transformasi warna, restorasi citra) dan dari aspek geometrik (rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik).
  • Melakukan pemilihan citra ciri (feature images) yang optimal untuk tujuan analisis.
  • Melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi obyek atau pengenalan obyek yang terkandung pada citra.
  • Melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data.

 Elemen Fungsi Dasar Sistem Pengolahan Citra :

Pembentukan Citra

  • Sensor yang sensitif terhadap gelombang EM menghasilkan sinyal listrik sesuai dengan energi yang diterima. Analog-to-Digital Converter / Digitizer akan mengubah sinyal listrik tersebut menjadi bentuk digital.
  • Scanner yang menerima masukan dalam bentuk analog (dokumen, peta, foto) akan mengubah menjadi data dalam bentuk digital.

Penyimpanan Citra

  • Penyimpanan jangka pendek (sedang diproses): memory
  • Penyimpana non-line (siap dipakai): disk magnetik
  • Penyimpanan arsip: pita ataudisk magnetik, CD

Pemrosesan Citra  dan Komunikasi

  • Data citra berukuran besar (perlu tempat simpan yang besar serta waktu proses yang lama).
  • Issue penting pada komunikasi: kompresi citra.
  • Issue penting pada pemrosesan citra: proses paralel.

Peragaan Citra

  • Dalam bentuk softcopy (layar peraga / monitor).
  • Dalam bentuk hardcopy (printer, film writer, plotter).

Berikut ini merupakan contoh aplikasi Pengolahan Citra :

Aplikasi Kedokteran Gigi (Orthodonti)

  • Pada citra cephalometri, dapat dideteksi kurva bentuk dahi manusia dari landmark Nasion (lekuk dahi ke hidung) sampai ke Bergman (titik ubun-ubun).
  • Dari lengkung bentuk dahi dapat dihitung koefisien transformasi Fourier dan transformasi Wavelet.
  • Dari sampel laki-laki dan perempuan dapat ditentukan aturan keputusan berdasarkan analisis diskriminan, sehingga jenis kelamin dapat ditentukan berdasarkan bentuk dahi tengkorak manusia.
  • Eksperimen menunjukkan penggunaan transformasi Wavelet menghasilkan tingkat pengenalan yang lebih baik dari transformasi Fourier.

Aplikasi Kedokteran (Biomedik)

Penggunaan sinar X (foto Rontgen) merupakan salah satu dari pemanfaatan pengolahan citra dalam bidang kedokteran. Sinar X sangatlah membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit.

Penginderaan Jarak Jauh / Inderaja (Remote Sensing)

Industri

Bahasa Isyarat

Gambar diatas merupakan bahasa isyarat bibir. Bahasa isyarat lain menggunakan bahasa tangan dan ada juga yang disebut sebagai ‘body language’.

Pengenalan Karakter

Bidang Pertanian

Teknik pengolahan citra telah banyak dipergunakan dalam bidang pertanian antara lain untuk penentuan jenis cacat biji kopi, pemutuan edamame, pemeriksaan mutu karet RSS, pemutuan buah mangga, identifikasi tingkat ketuaan dan kematangan jeruk lemon dan manggis.

Bidang Perdagangan 

Pembacaan kode batang (bar code) yang tertera pada barang (umum digunakan di pasar swalayan / supermarket).

Bidang Militer

Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.

SUMBER :

http://titi-nyunyun.blogspot.com/2011/10/pemanfaatan-grafik-komputer-dan.html

http://novimahmudah.blogspot.com/2010/11/implementasi-grafik-komputer.html

http://avi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s