I HATE MONDAY (?)

Standar

Hari Senin. Apa yang ada di pikiran kalian tentang hari Senin ? Masih banyak orang yang alergi terhadap hari Senin. Hari Senin menjadi hari yang sangat membosankan.

Menurut WIKIPEDIA, Senin adalah hari kedua dalam satu pekan. Kata Senin atau Isnain diambil dari bahasa Arab yang berarti dua. Nama lain lagi untuk hari senin adalah Soma, yang diambil dari bahasa Sanskerta dan berarti bulan, mirip dengan pengertian bahasa-bahasa di Eropa.

Hari Senin merupakan hari pertama dalam minggu menurut ISO 8601. Dengan demikian menjadikan jumlah maksimum minggu dalam setahun adalah 54 minggu.

ISO 8601 adalah suatu standar internasional yang mengatur pertukaran data yang terkait dengan tanggal dan waktu. Standar ini berjudul “Data elements and interchange formats – Information interchange – Representation of dates and times” (Elemen dan format pertukaran data – Pertukaran informasi – Representasi tanggal dan waktu) dan diterbitkan oleh ISO. Tujuan standar ini adalah untuk menghilangkan risiko kesalahpahaman sewaktu dilakukan pertukaran data melintasi batas negara serta untuk menghindari kebingungan atau galat atau kerugian lain yang mungkin ditimbulkan. Standar ini mengatur data sehingga satuan waktu terbesar (tahun) muncul pertama pada untaian data dan dilanjutkan sampai satuan terkecil (detik). Standar ini juga menyediakan metode standar untuk menyampaikan informasi berbasis waktu melintasi zona waktu dengan menyertakan suatu perbedaan dengan Waktu Universal Terkoordinasi (UTC).

I HATE MONDAY

Kalau menurut saya, hari Senin itu sama saja seperti hari-hari biasanya. Mungkin yang ada dipikiran saya, hari Senin merupakan hari baru untuk memulai dan merubah segalanya. Saya memulai aktivitas di Minggu yang baru, saya akan berusaha menjadi lebih baik daripada Minggu sebelumnya. Banyak orang yang menganggap hari Senin adalah hari terberat, makanya kita sering mendengar cukup banyak orang yang mengatakan atau memberi pernyataan “ I DO NOT LIKE MONDAY !”.

Dan sejujurnya saya juga tidak heran melihat sebagian orang pada hari Senin pagi memulai aktifitas dengan malas dan seperti memiliki beban yang sangat banyak di pundak dan otaknya. Mungkin karena efek hari Minggu yang merupakan hari libur, jadi rasanya ingin liburan / istirahat lebih lama lagi (tidak cukup satu / dua hari).

Menurut sekelompok peneliti asal Inggris ada 10 fakta terkait hari Senin :

  1. Kebanyakan orang tidak tersenyum pada hari Senin sampai pukul 11.16. Mungkin hal ini dikarenakan mulai pukul 11 orang-orang baru bisa menyesuaikan diri dengan tugasnya, setelah menghabiskan waktu weekend.
  2. Untuk mengurangi rasa kesal dan membenci Senin kebanyakan orang menyiasatinya dengan membeli coklat, merencanakan liburan pada weekend selanjutnya, menonton tv atau shopping.
  3. 50% dari pegawai kebanyakan telat pada hari Senin.
  4. Kebanyakan orang menghabiskan waktu selama 12 menit untuk mengeluh tentang hari Senin.
  5. Kebanyakan orang yang membenci Senin adalah yang berusia 45 hingga 54 tahun.
  6. Pada hari Senin produktivitas orang kebanyakan hanya 3,5 jam saja.
  7. Hari Senin adalah hari yang sering dijadikan waktu untuk bunuh diri.
  8. Pada hari Senin jumlah kasus serangan jantung meningkat 20% disbanding hari lain.
  9. Menurut penelitian hujan jarang terjadi di hari Senin jika disbanding dengan hari lain.
  10. Akan tetapi ada satu hal positif tentang hari Senin. Hari Senin dianggap sebagai hari yang tepat untuk membeli mobil. Kenapa ? Karena sales mobil biasanya beranggapan hari Senin adalah hari sepi pembeli, karena itu mereka suka memberikan diskon special.

Ada fakta tentang hari Senin, ada juga cara menyiasati agar hari Senin tidak seperti mimpi buruk bagi anda :

  1. Hindari aktivitas berlebihan di hari minggu, terutama minggu sore dan malam. Cukupkan liburan hanya di hari Sabtu sampai Minggu siang, dan biarkan tubuh beristirahat di Minggu sore dan malam dengan tidur atau bersantai di rumah. Dengan cukup istirahat di hari Minggu, tubuh akan jauh lebih siap menjalani aktivitas di keesokan harinya (Senin).
  2. Persiapkan mental bekerja sejak Minggu malam. Sebelum tidur, rencanakan kegiatan yang mungkin akan kita lakukan di hari Senin. Tetapi ingat, jangan sampai ini justru mengganggu pikiran dan waktu istirahat kita. Jangan lupa berdoa dan pasrahkan kepada Tuhan YME semoga rencana tersebut bisa terlaksana dengan baik. Kalau kita sudah memiliki rencana yang baik jauh-jauh waktu, diharapkan tekanan pekerjaan di hari Senin akan jauh berkurang.
  3. Senin pagi, sebelum berangkat bekerja, yakinkan diri kita bahwa kita siap menjalani hari ini. Sugestikan ke dalam pikiran kita, tak ada perbedaan antara hari Senin dan hari-hari lainnya. Pencitraan positif akan mendorong alam bawah sadar kita merealisasikannya dalam dunia nyata.
  4. Sesekali kenakan pakaian yang membuat kita merasa nyaman. Misanya mengenakan kemeja batik dengan corak santai di hari Senin meskipun mungkin orang lain menganggapnya aneh.
  5. Berusahalah tersenyum dan menyapa ramah orang-orang di sekitar kita. Biarkan energy positif kita menjalar seluas-luasnya agar orang-orang di sekitar kita ikut merasakan kenyamanannya.
  6. Jangan lupakan rasa syukur kita kepada Tuhan YME karena kita telah kembali dipertemukan dengan hari Senin dimana tenaga dan pikiran kita akan dibutuhkan orang lain.

Sudah tahu kan Fakta tentang hari Senin dan Tips menyiasati agar hari Senin tidak seperti mimpi buruk bagi anda. Jadi, Don’t be afraid to Monday because Monday is a happy day !

Sumber :

http://forum.kompas.com/teras/179168-10-fakta-mengenai-hari-senin.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Senin

http://id.wikipedia.org/wiki/ISO_8601

http://www.ruanghati.com/2012/04/30/semangat-ini-dia-6-tips-siasati-hari-senin-nan-energik/

http://datasharing.wordpress.com/2011/03/12/saya-cinta-hari-senin/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s