World Wide Web (WWW)

Standar

World Wide Web yang dikenal juga dengan nama the Web atau WWW atau W3 dikembangkan pada tahun 1990 di CERN (Laboratorium Fisika Partikel) di Swiss. Dua hal khusus WWW, yaitu sebagai berikut ini.

  1. Informasi di WWW dapat ditampilkan dalam bentuk multimedia yang berupa grafik, suara, video disamping tulisan teks (bandingkan dengan Gopher yang menyediakan menu dalam bentuk teks).
  2. Informasi yang ditampilkan di WWW dapat menghubungkan (link) ke infromasi atau dokumen (home page) atau alamat Internet lainnya lewat hypertext. Hypertext merupakan teks yang ditampilkan dengan font yang berbeda (misalnya dengan huruf miring, lebih terang dan digarisbawahi). Dokumen yang berisi hypertext dibuat dengan menggunakan Hyper Text Markup Languange (HTML).

Seseorang yang ingin menggunakan WWW memerlukan suatu program yang disebut dengan browser. Browser ini akan melakukan komunikasi dengan server penyedia informasi menggunakan protokol yang standar, yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP).

Mosaic merupakan browser Internet pertama yang dikembangkan. Mosaic sudah menggunakan konsep GUI. Mosaic dikembangkan oleh the National Center for Supercomputer Applications (NSCA). Mosaic merupakan browser yang gratis. Pembuat awal Mosaic kemudian mendirikan sebuah perusahaan sendiri dan memperkenalkan browser yang baru, yaitu Netscape Navigator yang sangat populer dan banyak digunakan. Karena populernya Internet, pihak Microsoft juga memperkenalkan sebuah browser yang dimasukkan sebagai bagian dari sistem operasi Windows. Browser ini dikenal dengan nama Microsoft Internet Explorer yang sebenarnya merupakan pengembangan dari Mosaic yang dilisensi oleh Microsft. Browser lainnya yang tersedia misalnya adalah Spyglass Mosaic, Cello, Netcom Netcruiser dan IBM Explorer.

Perkembangan Internet yang sangat cepat membuat banyaknya situs Internet yang menyediakan beraneka ragam informasi. Karena banyaknya situs yang tersedia, ini akan menimbulkan kesulitan tersendiri untuk mencari alamat nya. Oleh karena itu, fasilitas yang memudahkan pemakai Internet untuk mencari dan menemukan (search) suatu alamat situs tertentu sangat dibutuhkan. Fasilitas ini disebut dengan search engine. Beberapa situs yang menyediakan fasilitas ini, diantaranya Google (www.google.com), Yahoo (www.yahoo.com) dan lain-lain.

Sumber : Hartono, Jogiyanto. (1999). Pengenalan Komputer. Yogyakarta: ANDI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s