Jejaring Sosial (Social Network)

Standar

PERKEMBANGAN Teknologi dan informasi atau biasa disebut Information and Communication Technology (ICT) begitu cepat.

Sehingga tantangan globalisasi tak bisa dibendung oleh kekuatan apapun. Sebab, Globalisasi membawa manusia pada suatu dunia tanpa batas (borderless world) dengan arus informasi supercepat (superhighway information) yang meng-global.

Imbasnya, generasi muda harus benar-benar selektif dan bisa menggunakan ICT, terutama jejaring sosial atau media sosial yang mewarnai kehidupan setiap orang saat ini dengan bertanggungjawab. Karena jelas tantangan generasi muda saat ini adalah dampak negatif dari globalisasi dengan kehadiran berbagai jejaring sosial.

Menurut kabar yang beredar, katanya Indonesia merupakan pengguna internet tertinggi ketiga di Asia. Ternyata pengguna internet terbesar di Indonesia adalah kaum muda.

—***—

Valens Riyadi, kepala Bidang National Internet Registry APJII, memaparkan survei Profil pengguna dan penggunaan internet yaitu terdapat pada kelompok usia 20-24 tahun yang mencapai 15,1% dari populasi.

Pengguna internet yang berada pada usia di bawah 34 tahun, disebut sebagai digital natives, generasi yang lahir dan hidup dalam era Internet yang serba terdigitalisasi dan terkoneksi.

Kalangan usia tersebut cenderung membentuk tren di dunia maya. Mereka sudah melek Internet dan secara intuitif dapat mengoperasikan berbagai perangkat gadget dengan mudah karena mereka sudah terbiasa menggunakan sejak kecil.

Berbeda dengan pengguna Internet yang berusia di atas 34 tahun.Kelompok itu disebut sebagai digital immigrants yaitu generasi yang mengenal dunia Internet saat mereka dewasa.

Kelompok ini kerap merasa harus belajar menyesuaikan diri untuk mengoperasikan gadget, membuat dan menggunakan berbagai perangkat gadget, bagaimana menggunakan e-mail dan jaringan sosial, dan tidak mudah untuk berganti-ganti platform perangkat lunak.

Proses adaptasi menjadi pengguna Internet pada kelompok usia di atas 34 tahun berlangsung lambat dibandingkan para digital natives yang mengenyam teknologi sejak dini.

Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) itu berlangsung pada April-Juli 2012 di 42 kota di 31 propinsi dengan 2000 responden. Status ekonomi A-9, usia 12-65 tahun, pengguna Internet lebih 1 jam per hari.

—***—

Sebuah artikel menjelaskan tentang Indonesia sebagai pengguna internet tertinggi ketiga di Asia,

—***—

JAKARTA – Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai peringkat ketiga di Asia dengan 55 juta orang. Hal ini disampaikan oleh Dirjen Sumberdaya Perangkat Pos dan Informatika (SDPP) Kemen Kominfo Budi Setiawan.

“Dari 245 juta penduduk Indonesia, pengguna internet di Indonesia mencapai 55 juta orang,” ujar dia

Dari data terakhir pada Desember 2011, tercatat jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 55 juta orang atau menguasai Asia sebesar 22,4% setelah Jepang.

Sementara itu, ujar dia, berdasarkan penelitian Nielsen, Indonesia juga masuk sebagai pengguna perangkat mobile tertinggi sebanyak 48%, diikuti oleh Thailand dan Singapura.

Bahkan dari segi usia, lanjutnya, semakin banyak pengguna internet merupakan anak muda.

“Mulai dari usia 15-20 tahun dan 10-14 tahun meningkat signifikan,” ujar dia.

Ia juga menambahkan Indonesia menjadi pangsa pasar terbesar untuk teknologi informasi komunikasi (TIK), OS, gaming dan hardware (tablet, PC, dan netbook).

Berdasarkan data Komingo April 2012, jumlah pengguna jejaring sosial di Indonesia juga besar.

Setidaknya tercatat sebanyak 44,6 juta pengguna facebook dan sebanyak 19,5 juta pengguna twitter di Indonesia.

“Indonesia menjadi negara kelima terbesar pengguna twitter di bawah Inggris dan negara besar lainnya,” ujar dia.

—***—

Setelah membaca artikel tersebut, sebenarnya apa manfaat dari sebuah Jejaring Sosial sampai banyak sekali orang yang menggunakannya ?

Jejaring Sosial (Social Network)

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan lain-lain.

Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

Singkatnya, jejaring sosial merupakan Media Sosial – sebuah tempat untuk melakukan aktifitas bersosialisasi – berbaur dan bergabung dengan orang lain.

Kata Jejaring Sosial menjadi populer ketika Facebook dan Twitter mulai dikenal oleh kalangan pengguna Internet, hal ini yang kemudian membuat Jejaring Sosial dan Internet menjadi tidak terpisahkan.

  • Berdasarkan Wikipedia.org, dijelaskan sejarah Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan.
  • Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah.
  • Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis.
  • Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.
  • Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace.
  • Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati.
  • Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya.
  • Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti – tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow).
  • Tahun 2012, muncul kembali dan menambah kembali situs jejaring sosial untuk semua usia yang bernama Ketiker. Ketiker adalah situs web yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut post.

Perkembangan dan terobosan dalam dunia komunikasi yang terus berkembang telah menciptakan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan sosial dan peradaban manusia. Keberadaan situs-situs jejaring sosial menimbulkan pengaruh yang berbeda-beda terhadap penggunanya. Ada efek positif, ada pula efek negatifnya. Tinggal bagaimana pengguna jejaring sosial memanfaatkan dan mengelola kebutuhannya terhadap jejaring sosial ini.

Beberapa efek positif yang dihasilkan oleh situs jejaring sosial adalah :

  • Sebagai media penyebaran informasi

Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Cakrawala dunia serasa berada dalam sentuhan jari kita.

  • Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial

Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca persaingan diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.

  • Memperluas jaringan pertemanan

Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah masing-masing, dll. Hal ini dapat pula mengasah kemampuan berbahasa seseorang. Misalnya, belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan fasilitas call atau video call yang disediakan di situs jejaring sosial.

Namun, dibalik pengaruh positif yang ditimbulkan, terdapat pula efek negatif. Di antaranya :

  • Kejahatan dunia maya (cyber crime)

Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, cardinghacking, cracking, phising, dan spamming.

  • Melemahkan dan menurunkan sensitifitas

Penurunan sensitifitas yang dimaksud disini adalah menurunnya tingkat simpati dan empati seseorang terhadap dunia nyata. Dengan jejaring sosial, seseorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya.

  • Menyebabkan penyakit maag

Kecanduan jejaring sosial ditandai dengan menjamurnya warnet (warung internet) dan warkop free wi-fi. Ini merupakan sebuah kemajuan telak yang dialami masyarakat kita tetapi disisi lain, kemajuan tersebut berdampak nyata pada kondisi kesehatan seseorang. Orang yang berlama-lama didepan komputer cenderung lupa makan. Tentunya hal ini akan menyebabkan penyakit serius. Penyakit yang paling sering dijumpai pada orang-orang yang kecanduan internet adalah sakit maag. Untung saja ada promag yang melindungi dan dapat menormalkan kembali produksi asam lambung yang berlebihan. Promag merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Harga murah, mudah didapat, dan kecepatannya dalam mengatasi sakit maag merupakan keuntungan bagi pecandu internet yang haus akan informasi. Promag tentunya akan melancarkan kembali aktivitas browsing anda dan pekerjaan yang anda tekuni melalui internet.

Jejaring Sosial Terpopuler

Setelah mengetahui tentang jejaring sosial, selanjutnya saya akan memberitahukan beberapa situs jejaring sosial terpopuler.

Peringkat pada artikel berikut disadur dari Top 15 Most Popular Social Networking Sites yang dipublikasikan pada tanggal 1 Juni 2012. Informasi tambahan diambil dari halaman Wikipedia masing-masing jejaring sosial. Perbandingan jejaring sosial lain berdasarkan fiturnya (bukan berdasarkan popularitas).

  • Facebook

Facebook.svg

Siapa yang tak kenal dengan situs ini. Logonya pun kini banyak dipasang di iklan produk mana pun. Semua kalangan pun dari semua jenjang setidaknya pernah mendengar jejaring sosial paling terkenal ini. Semua orang tahu sehingga tidak perlu dibahas banyak-banyak.

Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer saat ini dengan 900 juta pengunjung berbeda setiap bulan. Situs ini diprakarsai oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu. Minimal umur untuk bisa menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun.

Pendiri utama Facebook, Mark Zuckerberg, selalu mendapat tuntutan hukum dari Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss (pendiri UConnect) dengan tuduhan telah mencuri ide mereka membuat jejaring sosial semacam Facebook. Memang dulu Mark dipekerjakan oleh mereka untuk membuat sebuah situs jejaring sosial untuk Harvard. Akan tetapi, Mark pun membuat versi jejaring sosialnya sendiri dengan ide tambahannya sendiri. Facebook atau dulu namanya The Facebook pun merambah secara “eksklusif” dari universitas ke universitas di Amerika. Karena eksklusif untuk mahasiswa elit, ketenaran Facebook pun meningkat drastis hingga puncaknya menjadi situs jejaring sosial paling terkenal sekarang.

  • Twitter

Twitter

Twitter memiliki pengunjung hingga 300 juta orang setiap bulannya. Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit menjadi situs jejaring sosial terkenal kedua di dunia. Banyak yang menggemari Twitter karena ringkas dan sangat cepat dalam update informasi. Twitter memang berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”. Bahkan ada iklan yang mengatakan bahwa Twitter lebih cepat dari gempa.

Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat luar biasa. Setahun setelah meluncur terdapat lebih dari 400.000 tweet yang lewat dalam layanan Twitter. Jumlah ini berlipat ganda hingga 100 juta tweet di tahun 2008. Kini rata-rata tweet harian Twitter adalah 340 juta tweet per hari. Logo situs ini pun selalu bersanding di samping logo Facebook pada setiap iklan produk dan promo acara, menunjukkan betapa terkenalnya situs jejaring sosial ini.

  • LinkedIn

 Linkedin

Situs jejaring sosial ini fokus pada relasi profesional. Situs ini memiliki 120 juta pengguna di dalamnya. Situs ini dibangun oleh Reid Hoffman, dan kawan-kawan di tahun 2003. Sebagai situs yang bermain di bidang profesionalitas, kita bisa juga mencari relasi atau bahkan pekerjaan pada LinkedIn. Situs ini juga cocok untuk orang yang mencari pekerja sesuai dengan kriteria yang dimasukkan.   LinkedIn akan mencari orang yang cocok sesuai dengan keahlian yang dimasukkan dalam profilenya. Kini, LinkedIn telah menjadi kakas utama de facto  untuk jaringan profesional.

  • Myspace

 myspace

Myspace bisa dibilang adalah situs yang mempopulerkan layanan jejaring sosial. Mbahnya jejaring sosial. Jejaring sosial menjadi terkenal berkat ia. Memang, ia pernah menjadi situs jejaring sosial paling populer sekitar tahun 2006 dan bahkan melebihi situs pencarian Google pada jumlah pengunjung bulanan. Pada waktu itu ia dihargai hingga sampai $580 juta. Sekarang kondisi Myspace sangat buruk bahkan katanya pengunjung bulanannya lebih rendah dari situs jejaring sosial kurang terkenal Tagged. Jumlah pengguna Myspace sekarang sekitar 100 juta orang. Myspace sekarang dihargai sekitar $12 juta.

MySpace bersifat umum sama seperti Facebook. Semua bisa mendaftar asal berumur minimal 13 tahun. Myspace dibangun oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada tahun 2003.

  • Google+

Googleplus

Google+ bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling anyar. Meluncur pada 28 Juni 2011, kini pengguna Google+ sudah mencapai 170 juta orang. Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video. Sebelum peluncurannya, Google+ disebut-sebut sebagai pesaing berat Facebook. Pada awal peluncuran, Google+ pun menerima sangat banyak permintaan undangan. Peluncurannya sangat dinanti orang dan sangat terkenal di kalangan techy. Akan tetapi, menurut hasil survey Mashable pada Februari tahun ini, rata-rata waktu orang tinggal di Google+ hanya sekitar 3 menit per bulan dibanding Facebook 7,5 jam per bulan.

Google+ merupakan usaha Google ke sekian kalinya dalam dunia jejaring sosial. Beberapa produk jejaring sosial google sebelumnya adalah Buzz, Wave, dan Health. Kini Google+ menjadi seperti pemersatu dari seluruh layanan tersebar yang dimiliki Google.

  • deviantART

deviantart

Situs ini adalah surganya para pecinta seni gambar. Jika Anda seorang artis, terutama yang bergelut di bidang seni gambar, Anda wajib memunyai halaman disini. Disini Anda juga bisa menemui halaman-halaman dan karya artis-artis terkenal seperti personil Supercell.

DeviantArt meluncur pada 7 Agustus 2000  oleh Angelo Sotira,dan kawan-kawan. Kini deviantART memiliki sekitar 22 juta pengguna dengan 25 juta pengunjung setiap bulannya.

  • LiveJournal

Livejournal

LiveJournal merupakan jejaring sosial yang sangat dekat dengan blog. Pengguna situs ini dapat membuat jurnal dan buku harian (diary). Fitur yang membedakan LiveJournal dari blog kebanyakan adalah fitur daftar teman (friendlist) sehingga ia seperti gabungan blog dan jejaring sosial. Blog bisa dibuat privat atau hanya dibagi ke teman-teman tertentu.

LiveJournal dibuat oleh  Brad Fitzpatrick pada tahun 1999. Awalnya ia membuat LiveJournal sebagai sarana penghubung dia dan teman-teman.  Pengguna LiveJournal sekarang mencapai 17 juta pengguna. Situs ini sangat populer di Rusia.

  • Tagged

TAGGED

Situs jejaring sosial Tagged sama seperti situs jejaring sosial pada umumnya. Tagged bersifat umum sama seperti Facebook. Fiturnya standar melihat profil orang lain, pos, main game, dan lain-lain. Akan tetapi, fitur lain yang berbeda disini adalah kita bisa  berbagi tag dan memberikan hadiah ke teman.

Tagged dibangun oleh Greg Tseng and Johann Schleier-Smith di pertengahan 2004. Mereka rencanya ingin membuat Yahoo untuk remaja atau MTV masa depan. Tagged mengaku memiliki 100 juta pengguna dalam databasenya. Pengguna ini juga berasal dari situs jejaring sosial hi5 yang ia akuisisi. Akan tetapi, tagged terkenal sebagai situs yang reseh (annoying). Situs ini mengambil daftar email dari kontak email kita dan mengirimi mereka masing-masing undangan untuk bergabung ke tagged. Tagged pun berdalih bahwa mereka sudah kita “tambah” sebagai teman.

  • Orkut

orkut

Orkut merupakan jejaring sosial milik Google. Situs ini dinamai berdasarkan salah satu pegawai Google yakni Orkut Büyükkökten. Si Orkut membangun Orkut.com sebagai proyek sampingan saat ia bekerja di Google tahun 2004. Orkut sangat populer di Brazil dan India. Sekarang ia dioperasikan dan dimanajemen secara penuh di Brazil. Kini ia mulai merambah ke Estonia walaupun juga sudah mulai sepi karena banyak yang beralih ke Facebook. Jumlah pengguna Orkut mencapai 100 juta pengguna. Di Orkut, pengguna dapat mengganti halaman profilnya dengan pilihan tema dengan beragam warna.

  • CafeMom

cafemom

Jejaring sosial ini unik sekali karena ia dikhususkan untuk ibu-ibu atau wanita yang sesaat lagi menjadi ibu. Memang situs ini dibatasi untuk pengguna minimal 16 tahun dan wanita. Prinsip situs ini adalah bebas pria (ketahun akun cowok akan langsung dihapus). Situs ini menyedian tempat bagi para ibu untuk saling bertanya dan bertukar informasi. Situs ini juga memiliki adik berupa jurnal bagi ibu-ibu yang membahas gosip selebriti, masalah dan dilema keibuan beserta solusi, dan cara mendekor rumah.

CafeMom dibuat oleh  Andrew Shue dan Michael Sanchez pada tahun 2006. Setahun dari peluncurannya ke dunia maya, CafeMom sudah diramaikan oleh para pengunjung wanita menurut comScore. Pada tahun 2009, situs ini mulai mendapatkan keuntungan pertamanya. Kini, CafeMom memiliki 1,2 juta pengguna. Pengunjung unik tiap bulannya hingga 8 juta orang dengan 140 juta kunjungan.

  • Ning

NING

Ning adalah jejaring sosial yang unik. Pengguna dapat membuat “jejaring sosial”-nya sendiri disini. Tampilan, rasa, dan bahkan set fitur setiap jejaring sosial (seperti foto atau likes) dapat diatur sendiri oleh pengguna. Bahkan persyaratan untuk mendaftar jejaring sosial yang dibuat juga bisa diatur. Sampai Juni 2011, terdapat lebih dari 90.000 jejaring sosial yang dibuat disini. Jejaring ini dinamai Ning Networks.

Ning dibangun bersama oleh  Marc Andreessen dan Gina Bianchini. Andreessen adalah founder dari Netscape. Secara global, Ning memiliki 65 juta pengunjung unik per bulan.

  • Meetup

meetup

Meetup adalah jejaring sosial yang memfasilitasi perencanaan “ketemuan” di dunia nyata. Meetup bisa menghubungkan pengguna berdasarkan minat seperti politik, game, musik, dan lain-lain. Menurut www.ebizmba.com, situs ini memiliki 7,5 juta pengunjung unik setiap bulannya.

  • myLife

mylife

myLife dibangun oleh Jeffrey Tinsley  pada tahun 2002 setelah ia bertemu istrinya pada reuni SMA. Konsep reuni (dulu nama situsnya reunion.com) dan bertemu dengan teman lama, keluarga jauh, atau cinta yang hilang adalah ide dari situs jejaring sosial ini. Dengan 28 juta pengguna, myLife memiliki 4,2 juta pengunjung unik (dari Amerika Serikat saja) per bulannya.

  • myYearbook

Myyear

MyYearbook adalah jejaring sosial yang dibentuk pada tahun 2005 oleh Geoff Cook, David Cook, dan Catherine Cook. Situs ini memiliki filosofi untuk bertemu orang-orang baru. Situs ini akan diubah nama menjadi Meet Me tanggal 4 Juni mendatang. Katanya, Yearbook lebih mengesankan untuk bertemu teman sesekolah dan Meet Me lebih menggambarkan tujuan utama jejaring sosial ini. Salah satu fitur myYearbook adalah ekonomi virtual sehingga kita bisa belanja makan siang atau memberi sumbangan ke teman di dalam situsnya. MyYearbook memiliki 20 juta pengguna dengan jumlah pengguna unik per bulan 8 juta orang.

  • Badoo

badoo

Situs jejaring sosial Badoo berfokus pada perkencanan. Situs ini dibangun oleh enterpreneur Andrey Andreev pada tahun 2006. Kini Badoo mengklaim memiliki jumlah pengguna terdaftar sebanyak 150 juta orang. Situs ini ramai kebanyakan di Amerika Latin, Itali, dan Perancis.

Situs Jejaring Sosial Populer Lainnya

Sebenarnya terdapat pula beberapa jejaring sosial lain yang termasuk populer jika dilihat dari sudut tertentu. Situs jejaring sosial berikut adalah situs jejaring sosial yang juga populer tetapi tidak masuk ke daftar diatas.

  • Qzone

qzone

Qzone adalah situs jejaring sosial yang dibuat oleh Tencent pada tahun 2005. Pada situs ini, pengguna bisa membuat blog, jurnal, atau buku harian sama seperti LiveJournal. Tambahannya lagi, pengguna bisa berbagi foto dan mendengar musik disini. Pada daftar jejaring sosial di Wikipedia, Qzone memiliki jumlah pengguna yang fantastis menyaingi semua jejaring sosial di atas (kecuali Facebook). Jumlah penggunanya 400 juta orang. Wajar, situs ini memang terkenalnya di RRC.

  • Sina Weibo

weibo

Sina Weibo (secara literal diartikan Sina Blogging Mikro) adalah situs blogging mikro populer di China. Ia disebut sebagai perpaduan Facebook dan Twitter. Sebanyak 30% dari pengguna internet di China mengunjungi situs ini. Sampai Februari 2012, tercapat 300 juta pengguna dalam situs ini.

  • HABBO

habbo

Habbo adalah situs jejaring sosial asal Finlandia yang ditujukan untuk remaja. Pengguna situs ini mencapai 200 juta orang. Pengunjung unik situs ini per bulannya sekitar 10 juta orang. Fitur utama HABBO adalah berupa program klien yang dibuat dengan teknologi Adobe Flash. Setelah login, pengguna akan masuk ke dalam tampilan hotel. Dari tampilan hotel ini, pengguna bisa menghubungi satu sama lain dengan HabboChat dan berjalan-jalan dari satu ruang ngobrol ke ruang ngobrol lain. Ruang ngobrol ada yang publik untuk semua orang dan ada yang pribadi dan bisa diubah-ubah sendiri. Di dalam ruang pribadi ini kita juga bisa “membeli” hewan peliharaan virtual. Pembelian hewan dan furnitur ruangan dilakukan dengan mata uang maya yang ada  pada Habbo.

  • hi5

hi5

Situs jejaring sosial hi5 didirikan pada 2003 oleh Ramu Yalamanchi. Fitur situs ini sama seperti fitur jejaring sosial pada umumnya dan banyak berfokus pada game. Pada tahun 2008 situs ini pernah menjadi situs jejaring sosial terpopuler ke tiga menurut comScore. Pengguna terdaftar hi5 tercatat mencapai 80 juta pengguna. Pada tahun 2011 akhir, situs ini dibeli oleh situs jejaring sosial Tagged.

  • bebo

bebo

Bebo adalah jejaring sosial yang didirikan pada 2005 oleh Michael Birch dan Xochi Birch. Kepanjangan dari nama situs ini adalah Blog Early, Blog Often. Pada situs ini pengguna dapat mengepos artikel, foto, video, atau kuisioner selayaknya sebuah weblog kemudian pengguna lain dapat memberikan respons jawaban atas pos tersebut.

Pada tahun 2008, bebo dibeli oleh AOL seharga $850 juta. Pembelian ini disebut BBC sebagai pembelian terburuk sepanjang sejarah dot com “one of the worst deals ever made in the dotcom era“. Hal ini disebabkan oleh kepopuleran bebo yang cenderung merosot, platform yang tidak stabil, dan krisis finansial.

Tercatat lebih dari 100 juta pengguna terdaftar pada bebo. Pada puncak kejayaannya, bebo menjadi situs jejaring sosial paling populer di Inggris melebihi Myspace. Di Irlandia, kabarnya bebo bahkan lebih populer dibanding situs pencarian Google.

  • Pinterest

pinterest

Pinterest adalah jejaring sosial yang bertindak seperti papan pengumuman online (online pin board). Di papan pengumuman ini, kita mengepin artikel dan foto menarik yang kita suka dari berbagai belahan web. Papan pengumuman ini, disebut pinboard, bisa ditemakan dengan kategori tertentu agar mudah ditata dan diperhatikan oleh pengguna lain. Kita bisa mengikuti pinboard milik pengguna lain yang sesuai dengan minat kita.

Situs pinterest adalah situs yang masih baru. Ia diluncurkan pada Maret 2009 dan mulai populer 2011 silam. Jika kita mengunjungi halaman depan pinterest, kita langsung berhadapan dengan beberapa pin berisi artikel dan foto menarik. Sayangnya untuk bisa menikmati fitur pinterest lebih luas kita harus mendapatkan undangan terlebih dahulu. Pinterest belum mengizinkan pengguna umum untuk mencicipi dalaman situsnya. Pada Januari 2012, Pinterest memiliki 11 juta pengunjung unik tiap bulannya.

Sumber :

http://kominfo.go.id/berita/detail/3639/Pengguna+Internet+Indonesia+Tertinggi+Ketiga+di+Asia

http://www.kabar24.com/index.php/pengguna-internet-terbesar-di-indonesia-adalah-kaum-muda/

http://www.cybersulutnews.com/index.php?document_srl=37163

http://albadrln.wordpress.com/2012/06/01/jejaring-sosial-populer/

http://media.kompasiana.com/new-media/2011/08/07/dampak-positif-dan-negatif-jejaring-sosial/

http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s