MAAG

Standar

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas dan perih pada perut.

Penyakit maag atau biasa dikenal dengan gastritis merupakan penyakit yang timbul karena adanya gangguan pada lambung yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam lambung, peningkatan asam lambung dalam waktu yang lama akan beresiko pada terjadinya radang lambung atau tukak lambung sehingga bagi penderita akan mengalami rasa sakit pada lambung dan ulu hati yang biasanya disertai rasa mulas dan perih pada bagian perut.

Sesuai dengan asal katanya sakit maag berasal dari kata bahasa Belanda yang artinya lambung sedangkan kata lain dari maag adalah gastritis yang berasal dari bahasa Yunani gastro yang berarti perut atau lambung, dan itis yang berarti inflamasi atau peradangan. Dalam istilah kedokteran penyakit maag atau gastritis dikenal dengan istilah dyspepsia yang berarti kelebihan kadar asam lambung hingga menyebabkan rasa nyeri dan panas pada bagian ulu hati.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penyakit maag secara umum adalah penyakit gangguan lambung yang disebabkan oleh tingginya kadar asam lambung. Kelebihan asam lambung dalam waktu yang lama akan berakibat pada peradangan lambung dan usus.

Jenis Maag 

Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit maag yaitu :

  • Gastritis Akut : Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.
  • Gastritis Kronis : Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

Penyebab Maag

Penyakit maag merupakan gejala penyakit akibat faktor yang merusak pertahanan mukosa lambung lebih besar daripada faktor yang melindungi pertahanan mukosa lambung. Penyebab sakit maag sebagian besar berawal dari diri kita sendiri yang memiliki pola hidup dan makan yang salah.

Berikut penyebab sakit maag/lambung secara umum :

  1. Gaya hidup yang tidak sehat.
  2. Sering begadang, kurang tidur atau insomnia.
  3. Merokok.
  4. Kecanduan kopi yang berlebihan.
  5. Bakteri, mikroorganisme yang merugikan (helycobacter pylori), karena mengeluarkan zat yang merangsang produksi asam lambung.
  6. Tekanan emosional dan stress diakibatkan karena beban pikiran yang berlebihan.
  7. Terlalu berlebihan dalam memproduksi asam lambung dan pepsin.
  8. Lapisan mukosa lambung mengalami luka yang diakibatkan kelebihan asam lambung dan pepsin sehingga fungsi mukosa jadi menurun dan berakubat pada timbulnya luka, iritasi, peradangan pada lambung.
  9. Menunda atau terlambat untuk makan dan ketika makan dilakukan secara berlebihan.
  10. Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, minuman beralkohol tinggi, obat-obatan tertentu dan mengonsumsinya secara berlebihan atau tidak sesuai dosis.

Pada beberapa karakter, penyakit maag juga disebabkan oleh terdapatnya penyakit lain seperti : infeksi bagian dalam tubuh karena bakteri, anemia, penyakit pada ginjal, diabetes dan efek samping dari penggunaan obat untuk penyakit lain.

Gejala Maag

Berikut ini beberapa gejala umum sakit maag yang diambil dari beberapa sumber walaupun tidak bisa dikatakan pasti namun perlu diketahui ada beberapa gejala dibawah ini dapat menjadi indikasi umum bagi seseorang yang menderita sakit maag :

  • Sakit saat buang air besar
  • Rasa mual pada perut seringkali timbul dan selalu ingin muntah
  • Sering merasa lapar
  • Perut kembung jika terlambat makan dan merasakan nyeri pada perut sehabis makan.
  • Ulu hati (Perut bagian atas) sering terasa nyeri dan pedih serta diselingi dengan nafas sesak dan perut kembung.
  • Kurangnya nafsu makan ketika rasa mual itu datang, wajah menjadi pucat dan sering bersendawa karena perut menjadi kembung.
  • Kepala terasa pusing, sulit untuk tidur serta suhu badan naik dan keluar keringat dingin.

Selain itu beberapa penderita dengan radang lambung yang sudah terlalu parah juga mengalami pendarahan pada lambung sehingga ketika penderita muntah maka akan mengeluarkan darah berwarna kehitaman seperti kopi. Radang lambung yang sudah terlanjur kronis dapat menyebabkan kematian.

Pengobatan Maag

Bila anda menderita maag, berikut ini solusinya :

  1. Rajin berpuasa. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa berpuasa dapat membantu mengobati maag. Hal ini secara teori benar sebab saat berpuasa, jadwal makan kita menjadi teratur, sedangkan hari-hari lainnya biasanya kita tidak teratur makan sehingga menyebabkan maag.
  2. Tepung kanji. Siapa yang tidak kenal tepung kanji, bahan campuran membuat bakso ini dapat digunakan untuk mengobati maag. Caranya cukup mudah. Ambil tepung kanji secukupnya, kemudian sangrai hingga berwarna kekuning-kuningan. Kemudian buat air panas 1 gelas, dan tambahkan 2 sendok tepung kanji tersebut. Minum larutan tersebut setiap hari sampai penyakit maah terasa hilang.
  3. Kunyit. Sejak dahulu kala khususnya di Indonesia kunyit telah menjadi populer, tidak heran di dalam minuman jamu biasanya terdapat ramu-ramuan dan kunyit. Kunyit pun dapat digunakan untuk mengobati maag. Caranya, ambil dua ruas kunyit segar dan kupas kulitnya. Cuci bersih kunyit lalu parut. Campur dengan seperempat gelas air hangat, lalu peras dan saring. Minumlah air perasan kunyit ini sebelum makan pagi dan sebelum tidur malam selama beberapa hari sampai hilang maag anda.

Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.

Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan didalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.

Obat-obatan yang biasanya digunakan:

  1. Antasida (Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri)
  2. Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri(Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori)
  3. Agen Cytoprotektif (Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)
  4. Obat anti sekretorik (Mampu menekan sekresi asam)
  5. Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas)
  6. Ranitidin (Mengobati tukak lambung)
  7. Simetidin (Mengobati dispepsia)

Selain itu penyakit ini dipercaya memiliki beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi yaitu:

  1. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
  2. Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
  3. Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
  4. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain:
  • Sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol
  • Buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon
  • Makanan berserat tinggi tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan
  • Minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda).

Selain itu, kegiatan yang dapat meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.

Sumber :

http://female.kompas.com/read/2012/11/21/09230692/Kalau.Maag.Hindari.Makanan.Ini

http://www.tabloidnova.com/Nova/Tips/Kunyit-Berkhasiat-Untuk-Obat-Maag

http://forum.kompas.com/kesehatan/212948-bila-anda-menderita-maag-ini-solusinya.html

http://infokesehatan101.blogspot.com/2012/04/gejala-sakit-maag.html

http://www.chayangku.com/tips-mengatasi-sakit-maag/

http://www.metris-community.com/penyebab-penyakitmaag-gejala-sakitmaag/

http://id.wikipedia.org/wiki/Maag

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s