Wired LAN dan Wireless LAN

Standar

Wired LAN

Pengertian Wired LAN ialah pendistribusian informasi melalui kawat. Wired menggunakan kabel sebagai media penghubung. Singkatnya perangkat tersebut dapat dilihat dan diraba, maka dari itu disebut juga telekomunikasi fisik.

Wired LAN

Wired LAN

Wireless LAN

Pengertian Wireless LAN adalah kebalikan dari wired, tidak bisa dilihat, yaitu melalui gelombang. Jaringan nirkabel ini merupakan salah satu media transmisi yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Data-data digital yang dikirim melalui wireless akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik.

Wireless LAN

Wireless LAN

Wireless LAN memungkinkan dua bentuk koneksi, yang dikenal sebagai Ad-Hoc dan mode Infrastructure.

Mode Ad-Hoc

Mode Ad-Hoc adalah suatu kondisi jaringan wireless yang tidak menggunakan access point. Artinya, antar client langsung terkoneksi satu dengan yang lainnya. Jika merasa asing dengan istilah Ad-Hoc, mungkin istilah Peer-to-peer dapat lebih mempermudah mengenali koneksi Ad-Hoc. Prinsip kerjanya sama saja dengan Peer-to-peer. Disini setiap client akan saling terkoneksi secara langsung.

Mode Ad-Hoc

Mode Ad-Hoc

Mode Infrastruktur

Model infrastructure adalah kondisi suatu jaringan dengan menggunakan suatu titik pusat yaitu access point. Semua client terhubung ke jaringan harus terkoneksi ke access point terlebih dahulu, baru kemudian dapat mengakses resource dari network/client lain yang ada. Untuk topologi infrastruktur, tiap PC mengirim dan menerima data dari sebuah titik akses, yang dipasang di dinding atau langit-langit berupa sebuah kotak kecil berantena. Saat titik akses menerima data, ia akan mengirimkan kembali sinyal radio tersebut (dengan jangkauan yang lebih jauh) ke PC yang berada di area cakupannya, atau dapat mentransfer data melalui jaringan Ethernet kabel. Titik akses pada sebuah jaringan infrastruktur memiliki area cakupan yang lebih besar.

Mode Infrastruktur

Mode Infrastruktur

Nurul Aisyah (15110198) – 3KA08

Jaringan Komputer *

Sumber :

http://adityarmanto.blogspot.com/2012/12/wired-lan-dan-wireless-lan.html

http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/download/103/98

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s