My Experience !

Standar

Semester lalu, saya mendapat tugas IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) untuk membuat sebuah website e-learning. Tugas itu merupakan tugas kelompok. Setelah kelompok dibentuk, kami menentukan konsep dan judul dari website e-learning yang akan dibuat. Kelompok saya memutuskan untuk membuat website e-learning tentang Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar dengan menggunakan Moodle.

Awalnya kami sempat menyerah menggunakan moodle karena untuk mendownload dan menginstall moodle membutuhkan waktu yang cukup lama dan rumit. Tapi, karena waktu yang diberikan dosen cukup lama kami terus mencoba hingga akhirnya moodle nya pun selesai terinstall.

Menggunakan moodle sebenarnya cukup mudah, karena sudah tersedia beberapa menu atau pilihan untuk mengatur website menjadi sebuah website yang kita inginkan. Moodle mungkin memang dikhususkan untuk siapa yang ingin membuat website e-learning dengan mudah.

Banyak langkah yang kami lakukan, melakukan installasi, lalu kami melanjutkan dengan konfigurasi sebelum moodle bisa digunakan sebagai media e-learning. Mulai dari pengaturan tema, isi dari website, apa yang ingin kita berikan untuk memenuhi dan menghiasi website e-learning tersebut. Kami mengatur posisi untuk logo “Tut Wuri Handayani”, memasukkan beberapa modul mata pelajaran sebagai sumber belajar, memasukkan beberapa contoh soal untuk berlatih menghadapi Ujian Nasional. Kami juga mengatur beberapa macam aktivitas dalam website tersebut, seperti menentukan guru dan memasukkan beberapa murid ke dalam kursus.

Butuh waktu yang cukup lama untuk memasukkan soal, mungkin karena kita memutuskan untuk memasukkan soal berupa pilihan ganda. Sebenarnya, ada beberapa pilihan untuk membuat soal seperti pilihan ganda, essay dan lain-lain.

Jadi, menurut saya kendala yang kelompok saya hadapi pada saat itu adalah kendala pada proses instalasi yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Dan mungkin untuk langkah selanjutnya, kami hanya perlu mengganti pengaturan yang telah tersedia untuk menjadikan sebuah website e-learning sesuai dengan konsep awal yang kami inginkan. Hasilnya, cukup memuaskan. Terima kasih kerjasamanya untuk kelompok saya.

Selain tugas IMK untuk membuat sebuah website e-learning saya juga mendapatkan tugas dari mata kuliah lain yaitu Sistem Basis Data 1 untuk membuat database universitas seperti contoh yang telah diberikan oleh dosen. Sebenarnya, kami hanya perlu mengimplementasikannya menggunakan SQL. Untuk bentuk database sudah diberikan. Create table, insert, drop, update dan lain-lain merupakan perintah yang dituliskan untuk membuat database tersebut. Tidak banyak kendala yang saya hadapi dalam membangun sebuah database. Karena dengan cara belajar di kelas yang cukup menarik, saya juga sering mencobanya dengan teman lainnya.

Nurul Aisyah (15110198) – 3KA08

Analisa & Peranc. Sist. Info */**

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s