Tipe Jaringan Komunikasi

Standar

Tipe Jaringan Komunikasi :

  • Switched Network. Data dikirimkan dari sumber ke tujuan melewati beberapa node antara. Masing-masing node tidak memperhatikan isi dari data, kegunaannya adalah memperlengkapi fasilitas switching yang akan memindahkan data dari node ke node sampai menemukan node yang dituju.
Switched Network

Switched Network

  • Circuit-Switched Network. Jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit yang dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi, point to point.
Circuit-Switched Network

Circuit-Switched Network

  • Packet-Switched Network. Pada jaringan ini tidak diperlukan kapasitas transmisi yang siap pakai sepanjang lintasan pada jaringan. Data cukup dikirimkan keluat pada urutan dari potongan-potongan kecil yang disebut packet. Masing-masing packet menuju jaringan dari node ke node selama beberapa lintasannya mendapat giliran dari sumber ke tujuan. Pada masing-masing node, packet yang masuk diterima kemudian disimpan sementara, untuk selanjutnya dikirimkan ke node berikutnya. Jaringan packet-switched umumnya digunakan pada komunikasi antara terminal ke komputer maupun dari komputer ke komputer.
Packet-Switched Network

Packet-Switched Network

  • Broadcast Network. Pada jaringan ini tidak terdapat node switching antara, pada tiap station pengirim dan penerima saling berkomunikasi melalui media yang digunakan bersama-sama station lain. Transmisi dari sebuah station disebar (disiarkan) dan diterima oleh beberapa station. Dua bentuk jaringan yang mirip dari broadcast-network adalah packet-radio-network dan satelite-network.
Broadcast Network

Broadcast Network

  • Packet-Radio Network. Pada jaringan ini masing-masing station mengirim dan menerima data yang memodulasi gelombang carrier melalui antenna, dan semua station berbagi kanal atau frekuensi radio yang sama, selanjutnya menyebarkan secara langsung ke masing-masing station dalam jarak jangkauannya.
Packet-Radio Network

Packet-Radio Network

  • Satelite Network. Data tidak dikirimkan secara langsung dari transmitter ke receiver, tetapi di relay ke satelite, masing-masing tration transmit ke satellite dan receive dari satellite.
Satelite Network

Satelite Network

  • Local Network. Jaringan ini merupakan jaringan komunikasi yang terbatas pada daerah yang kecil, misalkan satu bangunan atau sekelompok kecil bangunan.
Local Network

Local Network

Nurul Aisyah (15110198) – 3KA08

Jaringan Komputer *

Sumber :

http://hanifidiani17.blogspot.com/2013/03/jaringan-komputer-tipe-tipe-jaringan.html#more

http://shining-lip.blogspot.com/2013/03/tugas-ke-2-jaringan-komputer_16.html

http://kk.mercubuana.ac.id/files/92021-10-880124712975.doc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s