TOPI

Standar

TOPI atau dalam Bahasa Inggris “HAT” adalah suatu jenis penutup kepala. Penggunaan topi dimaksudkan untuk beberapa alasan. Umumnya digunakan sebagai aksesoris pakaian. Dalam beberapa upacara ceremonial dan keagamaan penggunaan topi dapat menjadi keharusan. Di dunia militer topi dapat menyatakan tingkat dan kepangkatan seorang pasukan.

Bentuk umum sebuah topi :

  • Memiliki penutup kepala bagian atas.
  • Memiliki bagian tepi. Tepi topi dapat berjumlah satu atau lebih.

Topi merupakan sesuatu yang tida pernah tertinggal dalam trend zaman kekinian yang turut serta dalam menunjang kemajuan fashion. Tidak sedikit orang yang menggunakan topi agar terlihat lebih menarik bagi orang yang melihatnya. Kalau saya pribadi menggunakan topi selain untuk melengkapi fashion juga untuk menjaga kerapian rambut panjang saya.

Sejarah Topi

Seperti apa bentuk penutup kepala ini pada zaman dulu ? Bentuk penutup kepala di masa lalu dapat dilihat di daerah Thebes. Di sana, ada patung seorang pria yang memakai topi. Selain itu, ada juga penutup kepala yang dinanakan pileus, penutup kepala tengkorak sederhana. Sementara itu, para wanita pada waktu itu banyak yang menggunakan kerudung, cadar, kerchiefs, wimples, dan penutup kepala.

Istilah topi pertama kali digunakan di Italia, tepatnya di Kota Milan. Pada abad ke-18, dibuatlah topi yang dianggap kualitasnya terbaik. Pada waktu itu, pembuatan penutup kepala ini secara tradisional dilakukan oleh wanita. Mereka tidak sekadar membuat penutup kepala, tetapi juga menghiasnya dengan renda, hiasan, dan aksesori lainnya.

Pada awal abad ke-19, para wanita menggunakan topi yang lebih besar dengan hiasan pita, bunga, trim kain kasa, dan bulu. Kemudian di akhir abad ini, tercipta gaya lainnya seperti topi dengan brims lebar dan mahkota datar, serta model lainnya.

Pada 1920-an, ketika para wanita di dunia sudah mulai memotong rambutnya menjadi pendek, mereka memilih dan menggunakan topi yang melindungi kepala seperti helm. Kini, telah ada banyak model dan jenis penutup kepala. Bahkan, tak sedikit artis yang menjadikan topi ini sebagai ciri khasnya.

Para Pembuat Topi yang Terkenal

Sejarah munculnya penutup kepala ini tak terlepas dari para pembuatnya. Nah. Siapa saja pembuat topi ini ? Di Inggris, ada pembuat penutup kepala terkenal, yaitu Lock & Co. Selain itu, ada juga Sharp & Davis. Itulah beberapa pembuat penutup kepala terkenal dari Inggris.

Pembuat topi lainnya yang juga cukup dikenal adalah John B. Stetson. Siapa yang tidak tahu dengan penutup kepala koboi ? Pasti semua orang di dunia ini sangat familiar dengan penutup kepala yang satu ini. Ya, penutup kepala ini adalah ciri khas dari para koboi. Penutup kepala inilah yang dibuat oleh John B. Stetson.

Topi koboi ini bentuknya melebar di bagian pinggirnya dan menonjol di bagian atasnya. Di Amerika, penutup kepala ini banyak digunakan oleh para sheriff dan tentunya para cowboy. Bagi bangsa Amerika, khususnya di daerah Amerika Barat, topi ini adalah sebuah simbol keberanian dan kebanggaan. Orang Amerika yang memakai penutup kepala ini akan terlihat berwibawa dan berkarisma.

Pembuat topi berikutnya adalah Elvis Pompilio. Elvis yang lahir pada 1961 di Liege dan berasal dari keluarga Italia ini merupakan seorang perancang busana yang khusus mendesain topi. Ia masuk ke dalam dunia fashion pada 1987 dan waktu itu dirinya menghasilkan sebuah desain yang dipamerkan di acara fashion show.

Pada 1990, Elvis Pompilio membuka toko ritel di Kota Brussel. Ia pun membuka toko di daerah Antwerpen, membuka cabang di London dan Paris. Desain-desain hasil karyanya, dijual juga di Amerika Serikat dan Jepang.

Berikut adalah daftar 10 topi dengan mempertimbangkan unsur gaya, sejarah dan popularitasnya di dunia :

               1. Baseball Cap

1Pada akhir abad ke-20, baseball cap dipandang sebagai simbol peningkatan aspek budaya olahraga. Berdasarkan sejarahnya yang dimulai pada 1860, Brooklyn Excelsiors memakai baseball cap modern untuk pertama kalinya. Pada 1900, penutup kepala gaya Brooklyn ini menjadi terkenal, populer, dan banyak digunakan.

Apa bahan dari penutup kepala jenis ini ? Selama era 1940-an, karet lateks adalah bahan baku dari baseball cap dan saat itulah baseball cap modern lahir. Baseball cap tidak hanya sekadar penutup kepala karena berfungsi juga untuk melindungi mata para pemain baseball dari sinar matahari. Oleh karena itu, penutup kepala ini dirancang khusus untuk melindungi mata para pemain baseball.

               2. Cowboy (Koboi)

2

Pada awalnya, penutup kepala koboi ini dihargai karena fungsinya. Bagian tepinya yang lebar membuat para koboi merasa terlindungi dari sinar matahari dan hujan saat bekerja. Disamping itu, dapat dipakai juga untuk mengipasi api unggun dan berfungsi sebagai wadah untuk mengambil air sungai. Kini, fungsinya sudah banyak berubah, yaitu lebih banyak dipakai karena bagian dari gaya hidup barat dan bernilai estetika tinggi.

               3. Fedora

3

Pada awal abad ke-20, penutup kepala bernama fedora ini banyak dipakai di daerah perkotaan sebagai pelengkap fashion sekaligus juga untuk melindungi kepala pemakainya dari cuaca dan angin. Fedora sering juga dipadupadankan dengan trench coat. Jika sedang tidak dipakai, fedora ini dapat digulung.

Fedora terkadang sering dihubung-hubungkan dengan para gangster dan detektif. Dalam sejumlah film Hollywood, para tokoh dalam film-film tersebut sering menggunakan fedora, terutama tokoh-tokoh yang berperan sebagai gangster, detektif swasta, dan peran pria tangguh lainnya.

Contoh aktor yang sangat khas dengan fendoranya adalah Humphrey Bogart dalam film Casablanca. Tapi, secara luas, fendora telah diakui sebagai bagian tak terpisahkan dari karakter Indiana Jones dan The Blues Brother.

               4. Top Hat

4

Pada saat pertama kali dibuat, top hat dibuat dari kulit yang berbulu, yaitu kulit berang-berang. Seiring berjalannya waktu, top hat ini ada juga yang terbuat dari sutra. Selain itu, bahan lainnya yang dipakai untuk membuat top hat adalah goss. Goss ini terbuat dari lapisan belacu yang ditutupi menggunakan lem keras. Saat dipanaskan di atas api, lem tersebut akan melunak sehingga memungkinkan penutup kepala ini untuk dicetak dan dibentuk.

Penutup kepala cerobong asap adalah sebuah versi populer dari top hat pada abad ke-19, khususnya di Amerika Serikat. Hebatnya lagi, penutup kepala cerobong asap ini dipopulerkan oleh Abraham Lincoln saat dirinya memimpin.

Tidak seperti top hat pada umumnya, model cerubung asap ini bentuknya seperti pipa, tak begitu lebar, dan biasanya lebih tinggi dari top hat lainnya. Berdasarkan sejarah kepemimpinaan Lincoln, pemimpin ini sering menyimpan surat-surat penting di dalam top hatnya. Selain itu, kelinci juga ternyata sering disembunyikan di dalam top hat.

               5. Sombrero

5Sombrero adalah salah satu jenis penutup kepala yang banyak dikenal orang. Bentuk umumnya adalah mempunyai mahkota berbentuk lonjong yang agak tinggi dengan tepi yang sangat lebar. Di Meksiko, pelindung kepala ini biasa dipakai untuk melindungi pemakainya dari terik matahari.

Sementara itu, sombrero petani umumnya terbuat dari kain yang tebal berbulu halus. Kini, sombrero sudah jarang ditemukan di daerah perkotaan dan hanya digunakan pada momen-momen tertentu seperti saat perayaan tradisional.

               6. Beret

6Pemain game Point Blank pasti sudah familiar dengan jenis topi yang satu ini. Pada awalnya topi jenis ini dikenal sebagai topi nasional negara Prancis. Biasanya digunakan oleh para sutradara.

               7. Gatsby (Newsboy Cap)

7Topi jenis ini sangat populer pada abad 19 dan awal abad 20. Topi jenis ini paling sering digunakan oleh pegolf.

               8. Bowler

8Topi jenis ini identik dengan seseorang yang elegan dan juga mapan, terutama di negara Inggris. Biasanya digunakan oleh orang-orang dengan jenis pekerjaan pengacara, pegawai bank atau kepala pelayan.

               9. Boater

9Topi jenis ini biasanya digunakan saat cuaca sedang hangat. Sering terlihat di jalanan saat musim panas.

               10. Fez

10 Topi jenis ini adalah simbol relaksasi.

Sumber :

http://kenaligayamu.blogspot.com/2012/11/topi-beragam-fungsi.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Topi

http://portalunique.blogspot.com/2010/12/10-jenis-topi-paling-populer-di-dunia.html

http://www.motivasicinta.com/2012/12/jenis-jenis-topi-keren.html

http://angkatigabelas.blogspot.com/2012/02/10-topi-berdasarkan-kegunaan-dan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s